Tuesday 3 September 2013

Tinta maceet



 


Macet lagi..macet lagi…
Padahal Printer baru beli
Tinta printer macet banyak sekali penyebabnya, berdasarkan pengalaman bongkar-bongkar printer dan pengaduan dari temen-temen, penyebabnya diantaranya adalah:
1.      Pemakaian yang tidak teratur
Kita biasanya tidak ada waktu untuk mengontrol isi tinta baik yang pake infuse ato nggak.
ketika kita ngprint, tinta udah habis gak sempet di isi akibatnya hasilnya jelek. Itu bias mengakibatkan printhead (Epson) atau catridge (canon) bisa cepet rusak.
2.     Kapasitas ngeprint
Karena mungkin tintanya banyak (infuse), kita kalo sekali ngprint bisa 50-100 lembar supaya pekerjaan cepet selesai..jangan!!..usahakan sekali ngprint 20-30 lembar supaya printhead ato catridge tidak panas.
3.     Debu
Simpan printer yang aman dari debu, karena kalo kemasukan debu, si debu ikut masuk ketika kita ngprint. Kalo gak dipake usahakan printer ditutup pake apa aja lah.
4.     Tinta
Pake tinta yang kualitasnya bagus dan teruji, jangan tergiur oleh kemasan…kalo kita pakenya merk Chroma Ink, Fill Ink, Skyprint, atau Purple Ink yang sudah teruji.

Kalo macet gimana..?
Banyak cara untuk membersihkan printhead ato catridge
1.      Head cleaning di properties..cukup sekali aja jangan sering-sering
2.     Kalo printernya Epson..buka program blinkingnya masuk ke maintenance  lalu pilih ink charge dijamin langsung keluar tuh tintanya..
3.     Masih macet..buka printheadnya, rendam bawahnya pake air panas ato kalo ada pake head cleaner satu ato dua hari..cara bukanya hati2, cabut dulu semua kabel-kabel ya
4.     Untuk catridge canon sayangnya cepet rusak tuh catridgenya, mendingan jangan pake infuse asal si tintanya harus dikontrol supaya jangan habis ditengah kertas, mennurut saya sih canon tipe 1980 / 1880 yang bandel catridgenya tipe PG 40 CL 41..mantap
Semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya..tapi merk printer sekarang banyak yang bagus. Coba aja yang Brother ato Samsung….

No comments:

Post a Comment